Translate

Kamis, 25 Juni 2015

LAPORAN KARTOGRAFI

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pengukuran- pengukuran dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan bayangan daripada keadaan lapangan, dengan menentukan tempat titik-titik di atas permukaan bumi terhadap satu sama lainnya. Untuk mendapatkan hubungan antara titik-titik itu, baik hubungan yang mendatar maupun hubungan-hubungan tegak, diperlukan sudut yang mendatar dan untuk hubungan diperlukan sudut yang tegak (Wongsotjitro, 1985).
Kartografi merupakan bagian dari ilmu geografi yang berhubungan dengan pemetaan. Hal ini berkaitan erat dengan sistem komunikasi antara si pembuat peta dan si pengguna peta. ilmu yang bertujuan menggambarkan bentuk topografi muka bumi dalam suatu peta dengan segala sesuatu yang ada pada permukaan bumi seperti kota, jalan, sungai, bangunan, dan lain-lain dengan skala lingkaran tertentu sehingga dengan mempelajari peta kita dapat mengetahui jarak, arah dan posisi tempat yang kita inginkan.
Pelaksanaan Praktikum Mata Kuliah Kartografi didasarkan pada Kurikulum 1994 yang program pada semester genap, jumlah jam praktikum disediakan waktu sebanyak 48 jam atau setara dengan tiga hari kerja lapang. Pada praktik lapangan kartografi yang dilakukan di Lingkungan Lengkese yaitu praktik dalam mengukur arah jalan dengan menggunakan alat optiK maupun alat non optik yang kemudian di tuangkan dalam bentuk peta arah jalan dan peta kemiringan sebuah daerah. Praktik ini merupakan salah satu penunjang dalam mata kuliah Kartografi Dasar. Pelaksanaan praktek lapang ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah Kartografi Dasar. Praktek ini disinergikan antara teori yang diterima mahasiswa dalam ruangan kelas dengan kondisi nyata di lapangan. Baik konsep Kartografi Dasar dalam kaitannya dengan ilmu geografi.

B. Tujuan Praktikum
1. Melatih mahasiswa terampil menggunakan theodolit untuk pengukuran lapang.
2. Melatih mahasiswa terampil menggambar peta berdasarkan hasil ukuran lapang dengan menggunakan kompas dan theodolit.
3. Mahasiswa dapat lebih terampil melakukan ploting di lapangan untuk menggambar peta.
4. Melatih mahasiswa terampil menggunakan alat ukur lapang (theodolit) guna mengambil data untuk menggambar peta.
5. Dapat mengolah data hasil pengukuran lapang.

C. Sasaran Praktikum 
a. Mahasiswa yang memprogram mata kuliah Kartografi sebanyak  45 orang.
b. Pembimbing yang terdiri atas :
1) 2 Dosen pembimbing/penanggung jawab
2) 3 Asisten 
D. Lokasi
Sesuai tujuan dan jenis pengukuran yang akan dilatihkan, maka lokasi praktikum mengambil tempat yaitu di Lingkungan Lengkese, Desa Manimbahoi, Kab. Gowa.

E. Waktu Pelaksanaan
Praktikum lapang ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 13 - 14 April 2013.


F. Jadwal Kegiatan

Hari/Tanggal
Jam
Kegiatan
Jum’at, 13 April 2015
Pukul 07.30 – 09.00
Tunggu mobil
Pukul 09.00 – 11.30
Perjalanan dari kampus menuju lokasi tempat praktek lapang.
Pukul 11.30 – 14.00
Istirahat , Makan Siang
Pukul 14.00 – 16.30
Praktek menggunakan alat dan mengukur jarak
Pukul 16.30 – 19.30
Istirahat 
Pukul 19.30 – 02.30
Pengolahan data dan menggambar peta
Pukul 02.30 – 06.30
Istirahat ( tidur )
Sabtu, 14 April 2015
Pukul 06.30 – 11.00 
Free
Pukul 11.00 – 13.30
Perjalanan untuk kembali ke kampus

BAB II
KAJIAN TEORI
A. Konsep-konsep Kartografi 
Peta (map) berasal dari bahasa Yunani “mappa”, artinya taplak atau kain penutup meja. Pada awalnya peta hanya menggambarkan kenampakan nyata yang ada di permukaan bumi. Sejalan dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan, saat ini peta digunakan pula untuk menggambarkan hal-hal yang bersifat abstrak dan benda angkasa.
Peta adalah gambaran objek yang diseleksi dan diperkecil, harus digambarkan pada bidang datar (kertas) dengan proyeksi tertentu. Objek tersebut dapat berupa kenampakan atau data tentang permukaan bumi atau benda angkasa.
Dalam penggambaran, unsur-unsur digambarkan dalam bentuk simbul-simbul. Ukuran objek diperkecil dengan menggunakan skala.
Untuk dapat melakukan penggambaran peta yang benar, harus diketahui terlebih dahulu konsep pemetaan. Konsep pemetaan ialah bagaimana dapat menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi yang bentuknya melengkung itu ke bidang datar yang disebut peta dengan  mendekati kebenaran  yaitu dengan distrosi  sekecil-kecilnya.
Hubungan keruangan dapat saja disajikan dalam bentuk kata – kata atau angka – angka, tetapi hal itu kurang efisien, seperti pernah disebutkan oleh suatu ungkapan: “suatu gambar dapat berisi seribu kata – kata” (a picture is worth a thousand words). Peta menggunakan symbol – symbol dua dimensi untuk mencerminkan fenomena geografikal atau dengan suatu cara yang sistematis, dan dengan hal ini memerlukan kecakapan untuk membuatnya dan membacanya. Peta merupakan teknik komunikasi yang tergolong dalam cara grafis, dan untuk efisiensinya kita harus mempelajari dengan baik atribut – atribut / elemen – elemen dasarnya, seperti juga pada cara – cara komunikasi yang lain. Kita harus mempelajari fungsi dari peta itu (Zhiddiq, 2013).
Menurut Zhiddiq (2013), Pada hakekatnya system dasar dari komunikasi dapat digambarkan dalam diagram berikut:
                                                  Signal

source
Encoder
Channel
Decorded
Recipient





                                                  Noise
Pakar geografi pada umumnya, demikian pula perencana, sejarahwan, ekonomiwan, pakar pertanian, pakar geologi dan pakar – pakar lain yang berkecimpung dalam ilmu – ilmu dasar dan keteknikan, telah menyadari bahwa suatu peta merupakan alat bantu yang tidak dapat ditinggalkan dan diperlukan. Suatu peta berskala besar yang menggambarkan detail suatu daerah yang sempit, dapat mencerminkan bentuk lahan, aliran, vegetasi, pole’, pemukiman, jalan – jalan, keadaan geologi dan banyak detail – detail lainnya, yang kesemuanya ini memungkinkan kita melihat saling hubungannya, yang diperlukan untuk perencanaan dan pelaksanaan suatu pekeraan secara ilmiah (Zhiddiq, 2013).
Menurut Zhiddiq (2013), skala peta dapat diartikan sebagai berikut:
a.         Perbandingan jarak antara dua titik sembarang di peta dengan jarak horizontal kedua titik itu di permukaan bumi (dengan satuan ukuran yang sama).
b.        Perbandingan antara jari – jari globe dengan jari – jari bumi (spheroid).
Ada beberapa cara untuk menyatakan skala (peta):
a.         Skala angka / skala pecahan
Skala yang dinyatakan dengan angka dan pecahan
Contoh:
1)      Skala angka (numeric scale) ---- 1 : 50.000
2)      Skala pecahan (representative fraction) = RF ---- 1 : 50.000
Hal ini menunjukkan bahwa satu satuan jarak pada peta mewakili 50.000 satuan jarak pada peta mewakili 50.000 satuan jarak horizontal di permukaan bumi. Jadi berarti:
1 cm dip eta mewakili 50.000 cm di medan (500 m) atau ½ km
1 inchi mewakili 50.000 atau 50.000/63.360 mile
b.      Skala yang dinyatakan dengan kalimat
Pada peta – peta yang tidak menggunakan satuan pengukuran metric (misalnya peta – peta di Inggris), pernyataan skala dengan kalimat sering dilakukan.
Contoh:
1 inchi to one miles         = 1: 63.660
1 inchi to two miles         = 1: 126.720
Tetapi cara ini, biasanya sebagai tambahan disamping cara – cara lain.
c.       Skala grafis (graphical scala line)
Dari skala angka 1: 50.000, menjadi skala grafis, sebagai berikut:
                   0                 1                   2                   3                      4 km

                 0        1        2       3          4          5          6          7          8 cm
1: 50000

                     0                 1                 2                 3                 4 km

                     0        1       2        3        4        5        6       7        8 cm
1 : 50000
                          0                 1                 2                 3 mil


                          0                 1                 2                 3 inchi
1: 63360
Untuk menentukan panjang dari skala grafis, dapat digunakan rumus sederhana sebagai berikut:
S , dimana S= skala, sebagai suatu pecahan, misalnya 1:25.000
MD = jarak pada peta
GD = jarak di lapangan
. Alat-Alat dan Bahan  yang Digunakan
1). Alat yang Digunakan
Optik
a. Alat ukur tanah (theodolite)   
Non optik                       
a. Kompas geologi                                            
b. Busur derajat                                             
c. Mistar                                           
d. Payung                                       
e. Roll meter                                                 
f. GPS                                                          
g. Klinometer                                                
2).  Bahan yang Digunakan
a. Kertas milimeter                                        
b. Pensil 2 H 
c. Penghapus
1.  Theodolit
Theodolit ainstrument / alat yang dirancang untuk pengukuran sudut yaitu sudut mendatar yang dinamakan dengan sudut horizontal dan sudut tegak yang dinamakan dengan sudut vertical. Dimana sudut – sudut tersebut berperan dalam penentuan jarak mendatar dan jarak tegak diantara dua buah titik lapangan.

KONSTRUKSI THEODOLITE
Konstruksi instrument theodolite ini secara mendasar dibagimenjadi 3 bagian, lihat gambar di bawah ini :


1.Bagian Bawah, terdiri dari pelat dasar dengan tiga sekrup penyetel yang menyanggah suatu tabung sumbu dan pelat mendatar berbentuk lingkaran. Pada tepi lingkaran ini dibuat pengunci limbus.

2.Bagian Tengah, terdiri dari suatu sumbu yang dimasukkan ke dalam tabung dan diletakkan pada bagian bawah. Sumbu ini adalah sumbu tegak lurus kesatu. Diatas sumbu kesatu diletakkan lagi suatu plat yang berbentuk lingkaran yang berbentuk lingkaran yang mempunyai jari – jari plat pada bagian bawah. Pada dua tempat di tepi lingkaran dibuat alat pembaca nonius. Di atas plat nonius ini ditempatkan 2 kaki yang menjadi penyanggah sumbu mendatar atau sumbu kedua dan sutu nivo tabung diletakkan untuk membuat sumbu kesatu tegak lurus.
Lingkaran dibuat dari kaca dengan garis – garis pembagian skala dan angka digoreskan di permukaannya. Garis – garis tersebut sangat tipis dan lebih jelas tajam bila dibandingkan hasil goresan pada logam. Lingkaran dibagi dalam derajat sexagesimal yaitu suatu lingkaran penuh dibagi dalam 360° atau dalam grades senticimal yaitu satu lingkaran penuh dibagi dalam 400 g.

3.Bagian Atas, terdiri dari sumbu kedua yang diletakkan diatas kaki penyanggah sumbu kedua. Pada sumbu kedua diletakkan suatu teropong yang mempunyai diafragma dan dengan demikian mempunyai garis bidik. Pada sumbu ini pula diletakkan plat yang berbentuk lingkaran tegak sama seperti plat lingkaran mendatar.

SISTEM SUMBU / POROS PADA THEODOLITE
 

SYARAT – SYARAT THEODOLITE
Syarat – syarat utama yang harus dipenuhi alat theodolite sehingga siap dipergunakan untuk pengukuran yang benar adalah sbb :

1.Sumbu kesatu benar – benar tegak / vertical.
2.Sumbu Kedua haarus benar – benar mendatar.
3.Garis bidik harus tegak lurus sumbu kedua / mendatar.
4.Tidak adanya salah indeks pada lingkaran kesatu.

MACAM – MACAM THEODOLIT
Dari konstruksi dan cara pengukuran, dikenal 3 macam theodolite :

1.Theodolite Reiterasi
 
Pada theodolite reiterasi, plat lingkaran skala (horizontal) menjadi satu dengan plat lingkaran nonius dan tabung sumbu pada kiap.
Sehingga lingkaran mendatar bersifat tetap. Pada jenis ini terdapat sekrup pengunci plat nonius.



2.Theodolite Repetisi

Pada theodolite repetisi, plat lingkarn skala mendatar ditempatkan sedemikian rupa, sehingga plat ini dapat berputar sendiri dengan tabung poros sebagai sumbu putar.
Pada jenis ini terdapat sekrup pengunci lingkaran mendatar dan sekrup nonius.

 

3. Theodolite Elektro Optis

Dari konstruksi mekanis sistem susunan lingkaran sudutnya antara theodolite optis dengan theodolite elektro optis sama. Akan tetapi mikroskop pada pembacaan skala lingkaran tidak menggunakan system lensa dan prisma lagi, melainkan menggunkan system sensor. Sensor ini bekerja sebagai elektro optis model (alat penerima gelombang elektromagnetis). Hasil pertama system analogdan kemudian harus ditransfer ke system angka digital. Proses penghitungan secara otomatis akan ditampilkan pada layer (LCD) dalam angka decimal.
 


PENGOPERASIAN THEODOLITE
1)Penyiapan Alat Theodolite
Cara kerja penyiapan alat theodolita antara lain :

1.Kendurkan sekrup pengunci perpanjangan
2.Tinggikan setinggi dada
3.Kencangkan sekrup pengunci perpanjangan
4.Buat kaki statif berbentuk segitiga sama sisi
5.Kuatkan (injak) pedal kaki statif
6.Atur kembali ketinggian statif sehingga tribar plat mendatar
7.Letakkan theodolite di tribar plat
8.Kencangkan sekrup pengunci centering ke theodolite
9.Atur (levelkan) nivo kotak sehingga sumbu kesatu benar-benar tegak / vertical dengan menggerakkan secara beraturan sekrup pendatar / kiap di tiga sisi alat ukur tersebut.
10.Atur (levelkan) nivo tabung sehingga sumbu kedua benar-benar mendatar dengan menggerakkan secara beraturan sekrup pendatar / kiap di tiga sisi alat ukur tersebut.
11.Posisikan theodolite dengan mengendurkan sekrup pengunci centering kemudian geser kekiri atau kekanan sehingga tepat pada tengah-tengah titi ikat (BM), dilihat dari centering optic.
12.Lakukan pengujian kedudukan garis bidik dengan bantuan tanda T pada dinding.
13.Periksa kembali ketepatan nilai index pada system skala lingkaran dengan melakukan pembacaan sudut biasa dan sudut luar biasa untuk mengetahui nilai kesalaha index tersebut.
2Kompas
1Kompas geologi
Kompas, klinometer, dan “hand level” merupakan alat-alat yang dipakai dalam berbagai kegiatan survei, dan dapat digunakan untuk mengukur kedudukan unsur-unsur struktur geologi. Kompas geologi merupakan kombinasi dari ketiga fungsi alat tersebut.
Bagian-bagian utama kompas geologi tipe Brunton diperlihatkan dalam (Gambar -1). Yang terpenting diantaranya adalah :
a. Jarum magnet
Ujung jarum bagian utara selalu mengarah ke kutub utara magnet bumi (bukan kutub utara geografi). Oleh karena itu terjadi penyimpangan dari posisi utara geografi yang kita kenal sebagai deklinasi. Besarnya deklinasi berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Agar kompas dapat menunjuk posisi geografi yang benar maka “graduated circle” harus diputar.
Penting sekali untuk memperhatikan dan kemudian mengingat tanda yang digunakan untuk mengenal ujung utara jarum kompas itu. Biasanya diberi warna (merah, biru atau putih).
b. Lingkaran pembagian derajat (graduated circle)
Dikenal 2 macam jenis pembagian derajat pada kompas geologi, yaitu kompas Azimuth dengan pembagian derajat dimulai 0o pada arah utara (N) sampai 360o, tertulis berlawanan dengan arah perputaran jarum jam dan kompas kwadran dengan pembagian derajat dimulai 0o pada arah utara (N) dengan selatan (S), sampai 90o pada arah timur (E) dan barat (W). (Gambar II.2)
c. Klinometer
Yaitu bagian kompas untuk mengukur besarnya kecondongan atau kemiringan suatu bidang atau lereng. Letaknya di bagian dasar kompas dan dilengkapi dengan gelembung pengatur horizontal dan pembagian skala (Gb. II.3A). Pembagian skala tersebut dinyatakan dalam derajat dan persen.

 
Gambar 3.3.   Kompas tipe Brunton

BAB III
PEMBAHASAN
A. Hasil Pengukuran
Data Kelompok 1 Besar
 
Catatan : Skala 1 : 2000

Data Kelompok 2 Besar
 
Catatan : Skala 1 : 2000

Data Kelompok 3 Besar
 
Catatan : Skala 1 : 2000

B. Pembahasan Peta
1. Peta Kemiringan
Lokasi pertama, yang ditempati oleh kelompok besar satu terdiri atas 21 titik pada pengambilan data pengukuran. Mulai dari titik pertama sampai pada titik 13 medan atau kondisi jalan yang diukur menanjak atau titik pertama lebih rendah dari titik ke enam bisa juga titik keenam lebih tinggi dari titik awal pengukuran, sehingga hasil pengukuran yang diperoleh positif. Sebaliknya pada titik 14 menurun kondisi jalan yang menurun/ turunan sehingga hasil pengukuran yang diperoleh negative. Selanjutnya pada titik ke 15 pengukuran didapat hasilnya positif karena jalan yang diukur menanjak..
Lokasi kedua, yang ditempati oleh kelompok besar dua terdiri atas 20 titik pada pengambilan data pengukuran. Titik pertama mengalami penanjakan sehingga hasil yang diperoleh positif, selanjutnya mengalami penurunan pada titik ke 2 dan hasil pengukuran negative, tetapi mengalami penaikan kembali pada titik pengukuran ke 3 sehingga selebihnya positif.
Lokasi pengukuran yang dilakukan oleh kelompok besar yang terakhir yakni terdiri atas 23 titik pengambilan data pengukuran. Pada lokasi ini medan jalan yang diukur semuanya penanjakan sehingga didapat hasilnya positif.
Berhubung dengan lokasi tempat pengukuran yang berada di daerah pegunungan maka medan pun berkelok – kelok dan membuat kami hasil pengukuran kami menghasilkan 60 titik yang berarti ada 60 belokan.
Setelah melakukan pengukuran kami melakukan pengumpulan data dari ketiga kelompok lalu melakukan perhitungan data yang kami dapatkan di lapangan untuk kemudian dipindahkan di kertas grafik untuk menampilkan kemiringan (peta kemiringan) dan arah (peta arah). Karena jarak lokasi pengukuran kami termasuk jauh. Maka untuk dipindahkan ke kertas grafik harus diubah skalanya. Adapun cara mengolah data adalah dengan melihat nila batas atas (BA) dan Batas Bawah (BB) yang telah kita dapatkan dari hasil pengukuran dengan menggunakan theodolit. Lalu dapatkan nilai jarak titik satu dengan yang lain dengan rumus (BA – BB). Setelah itu, karena kita menggunakan skala 1: 1500 maka hasilnya yang didapatkan itu dibagi dengan 1500. Karena 1cm mewakili 1500m jarak di lapangan.
Untuk menggambar peta kemiringan kita menggunakan data vertical angle (VA) untuk menentukan besar derajat kemiringannya dengan rumus nilai (90o – VA) karena posisi vertical angle di bumi memiliki interval 90o dengan vertical angle di theodolit. Jadi untuk menggambar peta kemiringan secara manual kita harus memperkurangkannya dengan 90o. Dan untuk menggambar peta arah kita menggunakan data horizontal angle (HA).      

BAB IV
PENUTUP


A.  Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang ada maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
1.      Untuk mengetahui jarak suatu titik dengan titik lainnya menggunakan theodolit dengan langkah mengukur tinggi theodolit lalu menguranginya dengan batas atas dan batas bawahnya. Namun sebelum itu tentukan dulu letak arah utara titik tempat membidik dengan kompas.
2.      Kita dapat memindahkan data di lapangan ke atas kertas dengan melakukan perhitungan skala.
3.      Untuk menggambar peta kemiringan menggunakan data vertical angle yang harus dikurangkan dengan 90o sedangkan untuk peta arah menggunakan data horizontal angle.
B.  Saran
1.      Untuk Mahasiswa yang Memprogram
Sebaiknya mahasiswa lebih aktif memperhatikan dan lebih mau berbagi dengan teman-teman sesame praktikan lain agar cara penggunaan alat dapat juga diketahui oleh semua praktikan.
2.      Untuk Pembimbing
Sebaiknya pembimbing lebih mempertimbangkan antara kondisi alat dan kondisi mahasiswa yang memprogram mata kuliah ini agar pelaksanaan pengukuran lebih efisien.
3.      Untuk Asisten
Sebaiknya asisten lebih meminimalisir ketidak bersamaan antara mahasiswa saat praktikum agar semua pengetahuan yang didapatkan pada kegiatan lebih tersebar merata.

DAFTAR PUSTAKA



Okta. 2015. Menyalin Peta. http://www.google.com/okta88geosama... diakses pada tanggal 06 juni 2015.

Prasetio, Dewan. 2015. Theodolit. http://www.goole.com/dewanprasetio.web.blog... Diakses pada tanggal 06 juni 2015.

Winnie. 2013. Pengenalan Theodolit. http://www.goole.com. Diakses pada tanggal 06 juni 2015.

Zhiddiq, Sulaiman. 2013. Bahan Bacaan Kartografi (Ilmu Pemetaan). Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar